Penelitian

E-Journal

Analisis Faktor Resiko Terjadinya Kanker Servik Di RSUD DR.H.Abdul Moeloek Prov.Lampung

admin | Jumat, 08 Maret 2019 - 14:07:52 WIB | dibaca: 237 pembaca

ANALISIS FAKTOR RISIKO TERJADINYA KANKER SERVIK DI RSUD dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2016

Oleh:

Ratnawati

Akademi Kebidanan Adila Bandar Lampung

 

         ABSTRAK

                   Kanker servik merupakan masalah kesehatan perempuan di indonesia,  sehubungan  dengan  angka kejadian dan angka kematiannya yang tinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menyatakan bahwa kanker servik merupakan salah satu kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko terjadinya kanker servik di RSUD dr. H. Abdul moeloek Provinsi lampung tahun 2016.

                   Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan case control. Penelitian ini dilakukan di RSUD dr. H. Abdul moeloek Provinsi Lampung tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita kanker serviks dan yang bukan penderita kanker serviks berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan klinis oleh dokter yang dirawat di RSUD Dr. H Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Pengambilan sampel secara purposive sampling, analisa data adalah univariat, bivariat dan multivariat.

Hasil penelitian diperoleh, faktor risiko yang berpengaruh dengan kejadian kanker servik adalah paritas dengan p-value sebesar 0,000 (OR = 4,891), pendidikan dengan p-value sebesar 0,004 (OR = 2,375), pekerjaan dengan p-value sebesar 0,004 (OR = 2,585), riwayat abortus dengan p-value sebesar 0,000 (OR = 4,094), umur dengan p-value sebesar 0,645 (OR = 3,457). Faktor risiko yang tidak berpengaruh dengan kejadian kanker servik adalah riwayat kontrasepsi dengan p-value sebesar 0,645. Faktor risiko yang merupakan faktor dominan berpengaruh dengan kejadian kanker servik adalah paritas. Saran dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan program detekni dini kanker serviks guna menurunkan angka kejadian kanker serviks.

Kata Kunci    : Faktor Risiko, Kanker Servik.

Kepustakaan : 26 (Tahun 2007-2015)

Link Downlaod Disini 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)